Feeds:
Posts
Comments

Archive for November, 2010

Pesona Kawah Putih

pesona indah kawah putih

Ada yang sudah pernah ke Bandung? Pernah mampir ke Kawah Putih? Kalo belum, berarti kamu wajib datang ke Bandung lagi dan wajib mampir ke Kawah Putih!

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata di daerah Bandung Selatan. Berupa sebuah danau dari Gunung Patuha, dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu kurang lebih 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha terdapat Kawah Saat, yang dalam bahasa Sunda berarti “Surut”, yang berada di bagian barat. Di bagian bawahnya terletak Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada abad X dan XII. Lokasi tempat wisata Kawah Putih ini sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang.

Hari Sabtu kemaren, saya dan temen2 SMA saya yang lagi liburan di Bandung, memutuskan untuk jalan-jalan Kawah Putih ini. Terakhir kali saya ke Kawah Putih kurang lebih 3 tahun yang lalu, tepatnya 7 Juli 2007, waktu saya dan pacar merayakan 1st Anniversary kita.. (Lebih lengkapnya, baca postingannya di sini..) Ternyata udah banyak perubahan yaaa.. Terutama perubahan harga masuk, yang mulai ditetapkan sejak Februari 2010 silam.

Kali ini, saya ke Ciwidey naik mobil bersama 7 orang teman lainnya. Karna naik mobil, rute yang ditempuh jadi berbeda dari pada saat pertama kali saya kesini. Kita lewat jalan tol, trus masuk ke buah batu – soreang – kabupaten ciwidey. Perjalanan dengan mobil ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Kita berangkat dari Bandung jam 10an pagi, sampai di Kawah Putih jam 12an.

Perubahan harga tiket masuk yang saya bilang di awal tadi, cukup drastis. Per orang dihitung Rp 26.000, dari yang sebelumnya hanya belasan ribu rupiah saja. Yang lebih parah, 1 mobil dihitung Rp 150.000!! Mahal sekali bukan?? Ketika ditanya, 150rb rupiah itu untuk bayaran apa, pihak mereka mengatakan bahwa itu adalah biaya untuk perawatan & perlindungan lingkungan. Hmm..

Setelah nego dengan susah payah, akhirnya didapatlah harga Rp 280.000 (orang yang masuk hanya dihitung berlima). Namun dengan biaya segini tetap dirasakan sangat mahal bagi kami. Terlebih lagi, di depan gerbang kawah putih, ada sebuah kendaraan angkutan umum yang bernama “ontang-anting”, yang bisa mengangkut pengunjung dari gerbang masuk sampai ke atas dengan biaya Rp 25.000/orang. Setelah berdiskusi panjang lebar di dalam mobil, dan dengan kebaikan hati mbak2 penjual tiket, akhirnya kita dikasih diskon lagi, jadi Rp 240.000, dibagi 8 orang, jadi masing2 bayarnya Rp 30.000. Ya, lumayanlah..

Walaupun ini kali kedua saya berkunjung ke Kawah Putih, tapi tetap tidak mengurangi rasa kagum saya pada ciptaan Sang Maha Kuasa ini. Subhanallah.. Melihat indahnya kawah berwarna kehijauan, ditutupi kabut dengan udara yang sejuk, sungguh adalah pemandangan yang indah dan sangat mengagumkan. Sungguh, kuasa Allah SWT tidak ada yang dapat menandinginya.

suhu 10°C

Udara di Kawah Putih sangat dingin. Suhunya kurang lebih 10°C. Oleh karena itu, buat temen2 yang mau kesini, jangan lupa pake jaket ya! Daripada ntar masuk angin. Hehehe.. Fyi, lokasi Kawah Putih ini seringkali dijadikan tempat untuk syuting videoclip, lokasi foto prawed, dan syuting film. Salah satu film terkenal yang pernah syuting di film ini adalah film “HEART” yang diperankan oleh Acha dan Irwansyah. Inget kan, waktu scene Irwansyah yang memberikan surprise untuk Acha dengan menyajikan lunch di tempat ini? Benar-benar ROMANTIS!!!

pedagang stroberi.. stroberinya gede2, bikin ngiler!

Setelah puas melihat keindahan kawah putih, dan (tentunya) photo session, kita pun pulang. Sebelum pulang, kita beli strawberry dulu. Di sepanjang jalan menuju kawah, banyak banget pedagang strawberry yang menjajakan dagangannya. Strawberrynya seger-seger, gede-gede, dan manis banget! Harganya juga murah banget loh.. 1 kotak besar ditawarkan dengan harga Rp 10.000 dan yang kecil Rp 5.000, masih bisa ditawar pula! Mantap.. Bener2 bikin kita ga bisa nahan diri untuk beli strawberrynya deh.. Hihihihi..

Berikut sedikit hasil photo session kita selama di kawah putih..

Read Full Post »

Idul Adha 2010

Idul Adha tahun ini terasa beda. Lebih berkesan. Kenapa? Karena tahun ini, saya merayakan hari raya kedua umat Islam ini tidak hanya berdua saja dengan pacar. Tapi juga bareng teman-teman. Ya, saya dan teman-teman kampus mengadakan barbekyuan di kontrakan. Kita nyate daging sapi hasil kurban. Dagingnya hasil pemberian dari orang-orang. Ada yang dikasi mesjid, dikasi bu RT, dan ada juga yang dibawa oleh temen saya dari rumah. Alhasil dagingnya buanyak banget. Seabreg-abreg. Hehehe

Selain sate, kita juga masak capcay. Trus bikin es buah melon. Dan ada juga kue-kue kecil yang dibawa oleh saya dan teman saya. Ada brownies, molen, dan kue sarang semut. Beuhh, berasa kenduri!! Hehehe. Ngomong-ngomong soal kenduri, dulu saya sempet ngomong ke anak-anak kontrakan, “eh, kita bikin kenduri yuk!” Dalam bayangan saya ketika saya ngomong gitu, mereka semua pada ngerti arti dari kenduri itu apa. Tapi, ngeliat ekspresi temen-temen saya yang melongo waktu saya bilang kata itu, saya baru ngeh kalo mereka tu pada ga ngerti kenduri itu apa. Ckck, emang kenduri itu bukan bahasa Indonesia ya? Atau cuma bahasa dari daerah saya doang??

Kenduri 😀

Back to the topic, abis nyate, kita semua ngumpul di kontrakan sambil nyanyi-nyanyi. Sangat terasa sekali suasana kekeluargaannya. Saya yang biasanya hari raya idul adha cuma makan ketupat sayur hasil beli di simpang dengan si pacar, merasa sangat excited tahun ini dikasi suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untungnya pacar saya sempat mendokumentasikan semua kegiatan di hari ini. Soalnya belum tentu hari-hari besok kita bisa kumpul lagi kayak gini. Momen yang jarang terjadi nih! Apalagi tahun depan mungkin udah ada yang lulus, udah ada yang nikah, udah punya kesibukan masing-masing.

Ya, ini cuma salah satu dari sepenggal kisah klasik untuk masa depan. Yang pasti akan selalu diingat sampai kapanpun! 

kisah klasik untuk masa depan 🙂

 

Read Full Post »