Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘pelecing kangkung’

Wisata Kuliner Lombok : Ayam Taliwang

Malamnya (Kamis, 17 Maret 2011), saya dan tante saya pergi mencari makanan khas Lombok yang terkenal super pedas itu. Yap, ayam taliwang..

Awalnya, kami ingin menelfon Pak I Komang untuk mengantarkan kami pergi memburu si ayam taliwang. Tapi ternyata Pak I Komang sudah di rumah. Maklum saja, Pak I Komang pasti capek sekali setelah mengantarkan kami melihat keindahan Lombok siang tadi. Akhirnya kami menelfon taksi bluebird lainnya. Kali ini supirnya bernama Pak Hasan.

Setelah merikues tempat makan ayam taliwang paling enak di Lombok, Pak Hasan membawa kami menuju satu daerah yang sekilas saya baca bernama daerah “Taliwang”.Β  Di daerah ini banyak sekali tempat makan yang menyajikan menu andalan kota Lombok tersebut. Namun, Pak Hasan berhenti di depan sebuah rumah makan bernama rumah makan “Dua Em Bersaudara”. Tanpa menunggu lama, kami pun turun ke rumah makan tersebut. Pak Hasan yang mengaku sudah makan malam hanya menunggu di taksi saja.

Rumah Makan “Em Bersaudara”

Menu makanan yang disajikan di rumah makan ini cukup bervariasi. Harganya pun cukup terjangkau. Namun yang menarik perhatian saya adalah ayam julak dan ayam pelecingan. Setelah bertanya pada pelayan rumah makan tersebut, ayam julak adalah ayam kampung yang dibumbui dengan bumbu khas taliwang yang super-extra-pedas. Artinya, pedasnya dahsyat! Jadi yang emang doyan pedas yang banget-bangetan, kudu cobain nih menu satu ini..

Ayam Julak

Sedangkan ayam pelecingan adalah ayam kampung yang dibumbui dengan bumbu khas taliwang yang tidak terlalu pedas. Namun, setelah saya coba tetap aja bikin “huh hah huh hah”. Rasanya dijamin enak banget deh! Harga ayam julak dan ayam pelecingan ini seporsinya Rp 30.000. Jangan khawatir kemahalan.. Ternyata 1 porsi ayam julak atau ayam pelecingan itu bisa untuk 2-3 orang. Karena ternyata 1 ekor saudara-saudara! Walaupun 1 ekor tapi ukurannya kecil loh.. Menurut Pak Hasan, ayam taliwang khas Lombok ini yang enak emang ayam yang masih muda, atau ayam juniornya. Makanya ukurannya kecil gitu..

Ayam Pelecingan

Selain ayam pelecingan dan ayam julak, kita juga memesan pelecing kangkung yang juga terkenal di Lombok! Sewaktu perjalanan dari Bandara ke Hotel kemarin, Pak Asmara memang sedikit bercerita tentang kangkung Lombok yang terkenal. Detailnya saya lupa gimana. Yang pasti, kangkung lombok itu lebih ‘kriuk-kriuk’ dibandingkan kangkung yang biasa kita temukan di daerah lain. Dan kangkung ini cocok sekali dimasak menjadi pelecing kangkung. Bentuknya kayak urap. Jadi kangkung, kacang panjang, toge dan kacang direbus trus disajikan dengan sambal terasi dan kelapa gitu. Rasanya? Enak! Satu porsi pelecing kangkung harganya Rp 7.500. Murah ya.. πŸ˜‰

Pelecing Kangkung

Setelah puas menyantap hidangan makan malam khas Lombok, kami pun pulang. Di sepanjang perjalanan, Pak Hasan banyak bercerita sekilas tentang Lombok. Menurut Pak Hasan, dulu Lombok sempat vakum lama sekali, kurang lebih 6 tahun, yaitu dari tahun 2000 sampai tahun 2006. Hal ini disebabkan oleh kerusuhan yang dulu terjadi di sini. Akibat kerusuhan itu, Lombok menjadi sepi.. Banyak wisatawan yang pergi meninggalkan Lombok. Akibatnya, banyak hotel dan usaha-usaha yang bangkrut di sini dikarenakan pajak yang tinggi namun tidak ada pengunjung yang datang. Dan pada tahun 2007, pelan-pelan Lombok mulai ramai lagi didatangi wisatawan sampai sekarang..

Jum’at, 18 Maret 2011

Hari ini saya, salsa, tante saya dan temannya akan ‘terbang’ kembali ke Jakarta. Ya, kami memang hanya sebentar di sini. Mungkin suatu hari nanti saya bisa berlibur lebih lama lagi di sini, entah itu sama keluarga, pacar atau teman-teman.. Hari ini lebih banyak dihabiskan dengan melihat-lihat Pantai Senggigi yang ada di belakang Holiday Resort, dan melihat tempat penetasan kura-kura (turtle hatchery) yang ada di hotel ini. Oh iya, pantai senggigi yang ada di belakang resort ini akan berkilau apabila terkena cahaya matahari loh.. Hal ini dikarenakan pasir pantai tersebut mengandung besi (Fe)..

Di Holiday Resort sendiri banyak sekali fasilitas yang bisa kita nikmati. Selain swimming pool yang berada di tengah-tengah hotel, ada pula pantai yang merupakan terusan dari pantai senggigi yang berlokasi di bagian belakang resort. Kemudian ada pula tempat bermain untuk anak-anak (kiddy land), giriloka spa, turtle hatchery, water sport dsb. Kamar-kamar di resort ini semua berbentuk rumah dua lantai. Satu rumah itu dibagi menjadi empat kamar, dua di lantai bawah dan dua di lantai atas. Pokoknya resort ini benar-benar bagus deh.. Bisa dijadikan alternatif penginapan buat kamu-kamu yang ingin berlibur atau mungkin honeymoon ke Lombok.. πŸ˜‰

Berikut hasil dokumentasinya..

Turtle Hatchery @ Holiday Resort

Turtle Hatchery @ Holiday Resort

Senggigi Beach @ Holiday Resort

Swimming Pool..

Salsa berpose di depan kamar πŸ™‚

w/ salsa di teras kamar.. πŸ™‚

Oke, cukup sekian laporan perjalanan saya dari Lombok. Belum banyak yang bisa saya ceritakan, karena waktu liburan yang cukup singkat. Masih banyak tempat-tempat yang belum saya kunjungi. Seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Pantai Batu Layar, Gili Air, Gili Meno, dsb. Berharap one day saya ada kesempatan bisa berkunjung ke Lombok lagi.

Lombok in My Eyes #1

Lombok in My Eyes #2

Advertisements

Read Full Post »